Selasa, 27 Agustus 2013

Masa Pra Aksara


Masa Prasejarah/Praaksara (Rangkuman)

Masa Prasejarah/ Masa Praaksara

Pengertian : Masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan
Manusia yang hidup di zaman prasejarah disebut manusia purba
Dinamakan Masa Prasejarah / Masa Praaksara karena pada saat itu manusia masih belum mengenal tulisan, sehingga kita tidak bisa mengenal masa itu melalui tulisan.

Alat mengenal sejarah pada zaman prasejarah/praaksara:
-Fosil manusia purba
-Fosil tumbuhan
-Fosil Hewan
-Alat- alat kehidupan

Zaman manusia mengenal tulian : Zaman Sejarah/Zaman Aksara
Zaman praaksara di Indonesia mulai tahun 300 Masehi sampai dengan 400 Masehi

Bukti adanya zaman praaksara/prasejarah di Indonesia tahun 300-400 Masehi
- Adanya Prasasti di Muara Kaman – Kalimantan Timur
-Bentuk huruf pada prasati Muara Kaman diteliti sebagai huruf yang digunakan pada tahun 400 Masehi

Pembagian Zaman Prasejarah/ Praaksara Berdasarkan penilitian Arkeologi

- Pengertian : zaman saat manusia purba menggunakan peralatan dari batu
- Zaman Prasejarah/praaksara dibedakan menjadi 2

1. Zaman Batu

Zaman Batu dibedakan menjadi 3 :

• Zaman Batu tua (Palaeolithikum)
- Pengertian : masa pembuatan peralatan dari batu masih kasar dan tidak diasah
- Alat-alat pada zaman itu bentuknya masih sederhana
 Contohnya : Kapak Genggam
- Alat-alat di zaman batu tua banyak ditemukan di daerah Pacitan dan Ngandong Jawa Timur.

• Zaman Batu Madya (Mesolithikum)
- Pengertian : masa peralihan dari zaman batu tua.
- Pembuatan peralatan dari batu lebih bagus karena sudah diasah
 Contohnya : Pebble /Kapak Sumatera

• Zaman Batu Muda (Neolithikum)
- Pengertian : masa saat alat dari batu bentuknya lebih sempurna.
 Contohnya : Kapak Persegi, Kapak Lonjong

 2. Zaman Logam

• Pengertian : zaman saat alat- alat dari logam telah dikenal dan mulai dominan digunakan
• Zaman Logam di Eropa dibedakan menjadi 3 :
- Zaman Tembaga
- Zaman Perunggu
- Zaman Besi

• Zaman Logam di Indonesia tidak memasuki masa Tembaga, tetapi langsung memasuki Zaman Perunggu dan Zaman Besi secara bersamaan.


sumber : http://ryssapn.blogspot.com/2011/09/masa-prasejarahpraaksara-rangkuman.html

1 komentar:

  1. Saya TINTIN RAHMAYANTI Saya ingin menyaksikan karya bagus ALLAH dalam hidup saya untuk umat saya yang tinggal di sini di Indonesia, Asia dan di beberapa negara di seluruh dunia.
     Saat ini saya tinggal di Indonesia. Saya seorang wanita Bisnis dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan di bulan DESEMBER 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya,
    Saya adalah korban penipuan pemberi kredit 4-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berutang, saya dibebaskan dan saya bertemu dengan seorang teman, yang saya jelaskan situasi saya dan kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM yang andal.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman di internet penipuan di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM sebesar Rp800.000.000 dengan sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya terapkan, jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus ALLAH melalui ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya saran jika anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM. hubungi mereka melalui email:. (alexanderrobertloan@gmail.com)
    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya di (tinrahma222@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman.

    BalasHapus